Beberapa Game Bergenre '4X' Yang Bisa Jadi Referensi Anda



Pernahkah anda merasa bosan memainkan game-game keluaran terbaru yang cenderung menonjolkan sisi grafisnya? Apabila jawabannya iya, maka tidak ada salahnya anda mencoba kembali game-game bergenre endemik atau tepatnya eksklusif bagi PC, yaitu strategi, walaupun pada artikel kali ini tidak murni genre strategi yang dibahas, tetapi ada perpaduan dari genre strategi, turn-based dan RPG di dalamnya. Game yang dimaksud adalah game bergenre 4X. Alasan anda bisa mencoba game ini mungkin untuk mengobati kerinduan anda pada game-game 4X lawas seperti Command and Conquer, ataupun mungkin anda sudah bosan memainkan game-game baru yang cenderung menghabiskan banyak ruang kosong di harddisk (no offense). 

Sebelum kita masuk ke topik, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu 4X. Istilah 4X pertama kali dipopulerkan oleh Alan Emrich pada saat mempreview game Master of Orion pada Bulan September 1993. Game 4X sendiri merupakan singkatan dari "eXplore, eXpand, eXploit, and eXterminated". Sid Meier's : Civilization merupakan salah satu contoh game 4X yang masih populer hingga sekarang, bahkan akan mengeluarkan seri keenamnya. Meskipun game-game 4X sudah banyak bermunculan lagi, ada baiknya juga kita memilih dan memilah game-game 4X mana saja yang bisa menjadi referensi anda minggu ini. Check this out!

Sins of a Solar Empire : Rebellion
Sins of a Solar Empire : Rebellion merupakan seri standalone expansion dari seri original Sins. Perpaduan yang unik antara genre 4X dan RTS, menyatu sempurna dalam balutan tema luar angkasa yang diusung.

Fallen Enchantress
Fallen Enchantress merupakan game 4X yang dipadukan dengan element turn-based combat dan juga RPG. Gamer nantinya akan mengendalikan karakter hero masing-masing dan ditugaskan melindungi Ketua Fraksi yang dijuluki The Soverign. 


Endless Space

Endless Space merupakan suatu game yang mengandung unsur mitologi di dalamnya. Cerita utamanya berkisar pada kerajaan kuno yang bernama The Endless.

Sid Meier's : Civilization V
Seri Sid Meier's : Civilization merupakan salah satu judul yang paling favorit dibandingkan seri lainnya dalam genre yang sama. Gamer bisa memilih dan mengendalikan sebuah peradaban dari zaman kuno sampai zaman modern. Tidak salah bahwa game ini dinobatkan sebagai "rajanya" game 4X.

Europa Universalis IV
Europa Universalis IV bisa dikatakan sangat unik dan juga anti-mainstream. Bagaimana tidak, disaat rata-rata game 4X membawa gamer ke dunia luar angkasa maupun dunia modern, tidak dengan game EU4 yang akan membawa kalian ke Bumi yang berkisar pada tahun 1444 sampai 1821. Anda bisa mengendalikan koloni dan mengeksplorasi daratan Bumi dengan menggunakan negara seperti Prancis sampai Comanche, selama berabad-abad.

Eador : Master of The Broken World
Game ini berkisah mengenai demigod yang saling bertarung satu sama lain. Sebenarnya game ini memuat beberapa genre di dalamnya, RPG, 4X, permainan papan, dan juga unsur tactical turn-based. Tampilan masing-masing dunia yang menyerupai pecahan-pecahan membuat game ini menjadi 'versi kecilnya' game Total War.

Sid Meier's Civilization : Beyond Earth
Membawa sebuah peradaban ke dunia luar atau luar angkasa? dalam game ini hal tersebut bukanlah hal yang mustahil. Beyond Earth membawa anda merasakan sensasi sebagai kepala misi pengiriman manusia pertama ke luar angkasa.

Endless Legend
Endless legend merupakan pesaing dari game bertema sci-fi yang tadi juga telah dibahas, yaitu Endless Space. Endless Legend mengambil background sebuah dunia yang memiliki kekayaan alam melimpah mirip seperti Bumi yang kita tempati sekarang. Gamer akan disuguhkan dengan peradaban yang bisa dengan leluasa di eksplorasi, sehingga memberikan pengalaman bermain game 4X yang sebenarnya. 

Distance World Universe
Distance World memberikan kesempatan bagi para gamer untuk menjelajahi luasnya angkasa luar melalui sebuah game sci-fi 4X genre. Bagi gamer yang ingin fokus pada unsur eksplorasi, game satu ini menurut saya sangat cocok. Alasannya karena Distance World mampu memberikan sensasi luasnya, atau sangat luasnya alam semesta ini, dimana game sci-fi lain gagal menerapkannya.

Galactic Civilization III
Galactic Civilization 3 merupakan salah satu game 4X terbaik yang ada saat ini. Tugas kita adalah mengendalikan sebuah kapal ruang angkasa raksasa dengan teknologi canggih dan juga dikeliling oleh alien. Seluruh galaxy adalah tempat bermain anda yang bisa anda eksplorasi.

Stellaris
Stellaris merupakan sebuah game strategi dimana kalian akan mengontrol militer, ekonomi, dan politik dengan set cerita di luar angkasa. Bagi gamer pencinta game strategi sejati, Stellaris akan membuat anda betah bermain di depan PC/Laptop seharian. Sayangnya, game ini terlalu memfokuskan pada unsur ekonomi dan politiknya. Mungkin bagi pecinta politik dan yang ingin belajar politik bisa mencicipi game ini.

Master of Orion
Game ini tidak banyak yang berubah sejak pendahulunya rilis Tahun 1996 kecuali peningkatan sektor grafis. Bagi anda yang masih awam mengenai game 4X, tentunya merupakan pilihan yang tepat untuk mencicipi game ini. 

Endless Space 2
Endless Space 2 membawa beberapa ide cemerlang yang tidak ada di seri sebelumnya (Endless Space) yaitu konten cerita yang lebih unik untuk masing-masing 'kerajaan interstellar'. Game ini pun menjadi lebih mudah dicerna bagi mereka yang merupakan pendatang baru dalam game 4X. 

Popularitas game 4X memang bisa dikatakan sudah pudar karena kedatangan game-game baru yang lebih 'memanjakan mata'. Tetapi bukan berarti genre game ini tenggelam dan kalah bersaing dengan genre game lainnya. Semoga artikel kali ini bisa meningkatkan gairah anda kembali untuk memainkan game-game 4X. 
0 Komentar untuk "Beberapa Game Bergenre '4X' Yang Bisa Jadi Referensi Anda"

 
Copyright © 2015 -
Template By ilmuMinati.com